BTricks

BThemes

Home » » Sekilas Tentang Astronomi Dan Alam Semesta

Sekilas Tentang Astronomi Dan Alam Semesta

Sekilas Tentang Astronomi

Kata "astronomi" diciptakan oleh kombinasi dari dua kata Yunani, astron yang berarti bintang dan nomos yang menunjukkan hukum. Astronomi ialah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi,  secara garis besar ilmu astronomi mempelajari berbagai sisi benda-benda langit seperti asal-usul, sifat fisika / kimia, meteorologi, serta menjelaskan benda-benda tersebut dan pengaruhnya terhadap pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Astronomi sebagai ilmu adalah salah satu ilmu yang tertua dibumi, sebagaimana diketahui dari artifak-artifak astronomis yang berasal dari era prasejarah; misalnya monumen-monumen dari Mesir , dan berbagai suku peradaban kuno yang lain. Orang-orang dari peradaban awal seperti Babilonia, Yunani, Cina, India, dan Maya juga didapati telah melakukan pengamatan yang metodologis atas benda-benda langit, Akan tetapi meskipun memiliki sejarah yang panjang, astronomi baru dapat berkembang menjadi cabang ilmu pengetahuan modern melalui penemuan teleskop pada abad ini.


Pada abad ke-20, astronomi profesional terbagi menjadi dua cabang: astronomi observasional dan astronomi teoretis. Yang pertama melibatkan pengumpulan data dari pengamatan atas benda-benda langit, yang kemudian akan dianalisis menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika. Yang kedua terpusat pada upaya pengembangan model-model komputer / analitis guna menjelaskan sifat-sifat benda-benda langit serta fenomena-fenomena alam lainnya. 

Cukup banyak cabang-cabang ilmu yang pernah turut disertakan sebagai bagian dari astronomi, dan apabila diperhatikan, sifat cabang-cabang ini sangat beragam: dari astrometri, pelayaran berbasis angkasa, observasi, sampai dengan penyusunan kalender dan astrologi.

Kedua cabang ilmu astronomi tersebut mempunyai satu tujuan yakni  untuk berusaha menerangkan hasil-hasil pengamatan kemudian akan mencoba untuk membuktikan kesimpulan yang berperan penting dalam banyak penemuan-penemuan astronomi.

Definisi umum astronomi adalah studi tentang gerak dan pergerakan benda langit. Sementara yang lain menyatakan bahwa definisi adalah studi tentang segala sesuatu yang bergerak di luar atmosfer bumi. Masih beberapa fanatik akan mengatakan ini adalah studi dari segala sesuatu karena Anda sedang mempelajari alam semesta di sini dan segala sesuatu adalah bagian dari alam semesta.

Ini juga merupakan fakta yang diberikan bahwa astronomi bukanlah ilmu yang benar-benar independen. Ini adalah kombinasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan seperti matematika, geologi, fisika, kimia dan banyak lagi. Ini tidak akan menjadi kejutan bagi anda untuk mengetahui bahwa astronomi adalah ilmu kuno yang sudah ada  sejak berabad-abad lalu dan merupakan kunci untuk setiap peradaban.

Berikut adalah beberapa fakta yang Anda mungkin ingin belajar sebagai pemula belajar astronomi. Fakta-fakta ini telah dibentuk sepanjang tahun oleh astronom terkenal di dunia, yaitu: Ptolemy, Copernicus, Galileo Galilei, Isaac Newton, dan Edmond Halley, antara lain.

Galaksi kita disebut Bima Sakti hanyalah satu dari sekian banyak galaksi di alam semesta yang membentuk Grup Lokal atau cluster, di mana galaksi Andromeda dan galaksi populer lainnya seperti galaksi Triangulum galaksi mata setan , dan lain - lain ditemukan. Local Group ini hanya anggota tunggal dari ribuan galaksi di alam semesta. Mereka semua membentuk apa yang disebut Cluster Virgo. Virgo Cluster dan kelompok-kelompok galaksi lain adalah bagian dari superkluster Lokal. Dan itu hanya awal sebagai hal-hal yang tumbuh lebih besar dan lebih luas. Untuk sedikitnya, alam semesta terdiri dari sekitar 100 miliar galaksi dan mereka dikelompokkan ke dalam cluster dan cluster ini pada gilirannya juga dikelompokkan sebagai superkluster.

Tapi di sini ada fakta ironis lucu tentang astronomi. Dengan semua keluasan galaksi , cluster dan superkluster, mereka semua mendidih ke dalam komponen dasar yang merupakan atom-atom yang inti kecil yang dikelilingi oleh muatan elektron negatif.

Sekarang kembali ke sistem tata surya kita sendiri , dimana terdiri dari 12 planet yang sejauh ini telah diketahui. Bumi adalah planet ketiga dari matahari. Ini adalah bagian dari kelompok planet yang disebut planet terestrial terdiri dari Mars, Venus, dan Merkurius juga. Mereka semua di medan berbatu.

Sebuah panjang tahun planet mengorbit matahari dan semakin dekat jarak orbit maka semakin cepat waktu yang ditempuh jika bumi memerlukan 365 hari untuk memutari matahari, maka Pluto membutuhkan waktu sekitar 248 tahun waktu bumi untuk benar-benar mengorbit / memutari matahari. Itu hanya dasar-dasar astronomi, Semakin banyak belajar, semakin menarik dan semakin luas pengetahuan kita tentang alam semesta.

Namun dalam ilmu pengetahuan tidak pernah ada kepastian total, Sebaliknya, ilmu pengetahuan adalah "kebenaran" sementara yang terus menerus diganti / dirubah dan terkadang dihilangkan sepenuhnya dan diganti dengan yang sama sekali baru. tidak sedikit teori tentang ilmu pengetahuan (science) yang terus berubah seiring dengan berkembangnya zaman dan technologi, hal ini mengindikasikan bahwa sebenarnya apa yang telah mereka (para astronom dan orang pintar disekitarnya) katakan dalam berbagai theory dan pendapat yang dikeluarkan adalah hasil rekayasa dan karangan mereka sendiri yang kemudian disebarluaskan dan dipercaya oleh kalangan mereka, tanpa terlebih dahulu meneliti kebenarannya.

Jadi........!? 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Recent Templates

Popular Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Astronomi dan Science - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Android Apps And Games